8 Cara Merawat Smartwatch yang Baik Agar Awet dan Tahan Lama

Editor: Redaksi

Sumber: pixels.com
Suara Sanggau - Sebagai teknologi terbaru, smartwatch sangat membantu kegiatan manusia sehari-hari. Misalnya Anda tidak perlu membawa ponsel agar dapat berkomunikasi jarak jauh. Namun, ketika memilikinya Anda harus tahu cara merawat smartwatch dengan baik.

Karena bisa dibilang teknologi satu ini sangat rawan dibandingkan dengan telepon genggam pada umumnya. Mengingat, alat tersebut langsung terpasang di lengan pengguna seperti memakai jam.

Sehingga apabila tidak diperhatikan, smartwatch akan mudah sekali rusak karena terkena air, boros baterai atau tidak tepat dalam penyimpanannya. Bagi Anda yang belum tahu cara merawat gawai tersebut dapat menyimak penjelasan berikut.

8 Cara Merawat Smartwatch yang Baik Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat smartwatch dengan baik adalah kunci untuk memastikan performa optimalnya dan umur pakainya yang lebih lama. Berikut adalah beberapa langkah untuk merawat smartwatch Anda secara lengkap:

1.      Membersihkan Layar

Langkah pertama adalah bersihkan menggunakan kain microfiber yang lembut untuk mengusap layar smartwatch secara teratur. Hindari penggunaan bahan kasar yang dapat menyebabkan goresan pada layar gawai Anda

2.      Perlindungan dari Air dan Debu

Cara merawat smartwatch yang kedua adalah dengan memastikan smartwatch Anda tahan air jika Anda berencana menggunakan dalam aktivitas air seperti berenang. Selalu periksa rating tahan air pada buku manual pengguna atau rating di websitenya.

Jangan biarkan smartwatch terkena air panas seperti saat mandi atau sauna, kecuali jika dirancang untuk itu. Selain itu, jauhkan smartwatch dari debu yang berlebihan.

3.      Pemakaian yang Benar

Gunakan smartwatch sesuai dengan petunjuk penggunaan yang diberikan oleh produsen. Hindari tindakan yang dapat merusaknya seperti menekan layar terlalu keras.

4.      Perhatikan Baterai

Keempat, rawat baterai Anda dengan isi ulang secara teratur dan hindari pengisian baterai hingga penuh secara berlebihan. Sebagian besar smartwatch modern memiliki fitur pengisian yang aman dan akan berhenti mengisi daya saat mencapai level tertentu. Namun, hindari biarkan baterai kosong terlalu lama karena dapat merusak baterai.

5.      Update Perangkat Lunak

Pastikan Anda mengupdate sistem operasi dan aplikasi di smartwatch Anda saat ada pembaruan. Ini dapat memperbaiki kerentanan keamanan dan meningkatkan kinerja.

6.      Hindari Suhu Ekstrem dan Lakukan Perlindungan Fisik

Jauhkan smartwatch dari suhu yang sangat panas atau sangat dingin. Suhu ekstrem dapat merusak komponen elektronik.

Lalu, gunakan juga pelindung layar atau casing pelindung jika memungkinkan. Ini akan membantu melindungi smartwatch dari goresan dan kerusakan fisik.

7.      Simpan dengan Baik

Saat Anda tidak menggunakannya, simpan smartwatch Anda di tempat yang kering dan aman. Gunakan tempat penyimpanan yang lembut dan bersih untuk mencegah debu atau goresan. Lalu, perhatikan juga tali yang digunakan pada gawai tersebut. Jika smartwatch Anda memiliki tali yang dapat diganti, perhatikan kondisinya. Gantilah jika tali sudah aus atau rusak.

8.      Pemeliharaan Baterai

Jika Anda menyimpan smartwatch untuk jangka waktu yang lama, pastikan untuk mengisi baterai hingga sekitar 50% sebelum menyimpannya. Ini akan membantu mencegah baterai terlalu rendah yang dapat merusaknya.

Ingatlah selalu untuk membaca buku petunjuk yang disediakan oleh produsen smartwatch Anda karena setiap model mungkin memiliki persyaratan perawatan yang berbeda. Dengan merawat smartwatch secara baik, Anda dapat memastikan bahwa perangkat ini tetap berfungsi dengan baik dan memiliki umur pakai yang lebih panjang.

Lalu, bagi Anda yang sedang mencari smartwatch dengan fitur-fitur terbaru, Anda bisa coba menggunakan Huawei watch gt4. Smartwatch dari Huawei ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui Blibli.com.

Selain desainnya yang modern, fitur yang diberikan juga sangat mumpuni karena Huawei Watch GT4 ini menyediakan fitur kesehatan, seperti Menstrual Cycle Management 3.0, pengecekan detak jantung, suhu tubuh, hingga memiliki mode manajemen stress.

Tunggu apa lagi? Dapatkan Huawei Watch GT4 ini hanya di Blibli dan jangan lupa untuk melakukan cara merawat smartwatch seperti penjelasan sebelumnya agar gawai Anda lebih tahan lama. [*]


Share:
Komentar

Berita Terkini