Lima Puluh Juru Sembelih Ikuti Bintek Juleha

Editor: herman syah

Suarasanggau.co.id
Sebanyak 50 orang  juru sembelih dari 15 kecamatan kabupaten sanggau mengikuti Bimbingan tehnis dan Sosialisasi sebagai Juru Sembelih Halal (Juleha) yang diadakan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau berkerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sanggau.

Hal tersebut dikatakan Kepala Disbunnak Kabupaten Sanggau Syafriansyah rabu 5/6/2024.
Dikatakan H.Syafriansyah Sosialisasi dan Bintek Juleha diadakan selama tiga hari dari tanggal  4 sampai 6 Juni 2024 di Kantor Baznas Sanggau,dengan instruktur dari Disbunnak sgu, LPPOM MUI Kalbar dan MUI Sgu, usai mengikuti pelatihan ini mereka diberikan sertifikat.

Diadakannya sosialisasi dan Bintek Juleha dikarnakan tidak lama lagi kita memperingati hari raya kurban,disini akan banyak penyembelihan hewan,untuk itulah mereka kita bekali ilmu dan pengetahuan melaksakan proses penyembelihan sesuai dengan syariat islam ujarnya.

Diharap dengan adanya kegiatan ini,tentunya dapat memberikan kepastian kepada masyarakat secara umum khusus umat islam bahwa mereka mendapatkan produk hewan dengan proses yang halal," katanya.

Kadis Disbunnak mengharapkan kepada peserta untuk dapat mengikuti proses kegiatan ini hingga selesai sehingga ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi masyarakat kaum muslim,dan tidak ragu dalam mengkonsumsi hewan kurban dari aspek
 kehalalan.

Sementara Kepala Bidang  Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Sanggau, Ambius Anton, mengatakan pihaknya juga rutin melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha.
Baik itu kelayakan dan kesehatan hewan sebelum disembelih dan pemeriksaan setelah penyembelihan serta kelayakan daging hewan kurban.(Man)

Share:
Komentar

Berita Terkini