Peran Penting Seorang Sekda dalam Roda Pemerintahan

Editor: herman syah
Suara Sanggau.co.id.  Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji mrmbuka secara resmi
Penyelenggaraan kegiatan Diseminas Pemerintah Daerah Bagi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalbar  berlangsung secara hibrid di Hotel Mercure Pontianak .Rabu 28/9/2022.

Menurut Gebernur Kalbar H.Sutarmidji, Sekretaris Daerah ini  ibarat kepala staf. 
baik tidaknya jalannya pemerintah daerah, tergantung pada Sekda karena mengendalikan seluruh Perangkat Daerah. Kepala Daerah sebagai pembuat kebijakan, sedangkan penanggung jawab utama adalah Sekda, seperti menyusun anggaran yang merupakan tugas Sekda sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kalbar ini juga menegas kan peran seorang Sekretaris Daerah sangat sentral dalam mengimplementasikan program-program RPJMD dari Kepala Daerah.

“Sekda harus menguasai semua data. Sehingga, dapat merancang capaian-capaian kinerja. Tanpa menguasai data, hasil akhir program apapun yang dibuat tidak akan baik, bahkan cenderung mubazir,” tegas H. Sutarmidji.

Kegiatan tersebut  selain diikuti Sekda dari Kab/Kota di Kalbar juga dihadiri Kepala  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat, Marjani, beserta jajarannya.(wnd/man)
Share:
Komentar

Berita Terkini